H Waris Tholib Akan Kembalikan Tiga Cagar Sejarah Istana Melayu Sebagai Ikon Kota Tanjungbalai 

Plt Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib telah menemui keturunan ke-12 dari Sultan Asahan, Kamal Abraham Abdul Jalil Rahmadsjah di kediamannya di Medan, Selasa (26/7) kemarin. (Ignatius Siagian/Posmetromedan.co.id)

POSMETROMEDAN.co.id – Tanpa banyak yang mengetahuinya, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Tholib,S.Ag,MM ternyata telah berkomitmen untuk mengembalikan 3 (tiga) titik cagar sejarah istana Melayu sebagai ikon Kota Tanjungbalai.

Untuk mewujudkan itu, Plt Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib telah menemui keturunan ke-12 dari Sultan Asahan, Kamal Abraham Abdul Jalil Rahmadsjah di kediamannya di Medan, Selasa (26/7) kemarin.

Plt Wali Kota Tanjungbalai ini mengatakan, kedatangannya itu adalah sebagai bentuk perjuangannya dalam mengembalikan 3 titik istana Melayu yang dulunya menjadi ikon keberadaan Melayu di Kota Tanjungbalai.

BACA JUGA:   Bupati Labuhanbatu Hadiri Peringatan Bhakti Adhyaksa ke-62

H Waris juga mengakui, bahwa dengan kembali berdirinya 3 (tiga) istana cagar budaya Melayu tersebut di Kota Tanjungbalai akan mengangkat kembali kelestarian adat istiadat, budaya serta tradisi etnis Melayu.

“Cagar budaya Melayu tersebut akan menjadi sejarah buat generasi sekarang ke generasi selanjutnya sebagai tongkat estafet yang harus dilestarikan sehingga keberadaan Melayu di Kota Tanjungbalai tidak bisa dipusahkan dari sejarah berdirinya Kota Tanjungbalai. Saya juga berke inginan agar 3 istana ini menjadi ikon Kota Tanjungbalai serta mengembalikan sejarah Kota Tanjungbalai dan bisa membanggakan bagi masyarakat etnis Melayu Tanjungbalai,” ujarnya.

BACA JUGA:   Bane Raja Manalu: Bisnis Harus Punya Entitas, Legalitas dan Berbadan Hukum

Masih Plt Wali Kota, “Kita juga akan membangun makam kesultanan di Masjid Raya Sultan Ahmadsyah. Hal Ini adalah komitmen dan usaha kita untuk mengembalikan semangat tanah Melayu dan tetap menjaga budaya etnis Melayu di Kota Tanjungbalai,” kata H Waris Tholib.

Pada kesempatan itu, keturunan ke-12 dari Sultan Asahan, Kamal Abraham Abdul Jalil Rahmadsjah menyambut dan mendukung komitmen dari Plt. Wali Kota Tanjungbalai tersebut. Hal itu dibuktikannya dengan menyerahkan dokumen yang terkait berupa dokumen.

BACA JUGA:   Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Kodam I/BB Tanaman Jagung

“Jejak Rekam Aset Komunal Kesultanan Asahan dan Aset Private Milik Sultan Abdul Djalil Rahmadsyah di Kota Tanjungbalai” kepada  Plt Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Tholib,S.Ag,MM. (*)

Reporter: Ignatius Siagian
Editor: Maranatha Tobing