Kilang Minyak Balongan Meledak dan Terbakar

oleh -387 views
Kilang Minyak Balongan Meledak dan Terbakar

INDRAMAYU– Kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jabar, Senin (29/3) dinihari meledak dan terbakar. Kobaran api terlihat membumbung tinggi dan terpantau dari jarak jauh. Bahkan langit di wilayah Indramayu menjadi merah menyala.

Dari pantauan , Senin pukul 01.30, puluhan mobil pemadam kebakaran tengah berjibaku memadamkan kobaran api. Selain itu, ruas jalan antara Indramayu – Cirebon untuk sementara ditutup.

Belum diperoleh keterangan penyebab kebakaran kilang terbesar di Indonesia dengan kapasitas 125 ribu barel per hari ini. Pihak terkait yang dihubungi, belum merespon atas musibah ini.

Menurut Ade, warga disekitar kilang, kebakaran itu terjadi saat hujan deras disertai kilang melanda wilayah Indramayu Senin dinihari. “Saat terjadi kilat dan petir, terdengar juga suara ledakan yang tak lama kemudian muncul api dari dalam kilang,” katanya.

Terlihat dari Jarak 5 Kilometer

Kebakaran di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Senin dini hari ini terlihat dari jarak sejauh lima kilometer.

“Dari sini kelihatan banget apinya besar,” kata Suci, warga Indramayu, kepada ANTARA melalui telepon, Senin (29/3/2021).

Suci mengungkapkan, jarak tempat tinggalnya ke kawasan kilang minyak milik Pertamina VI Balongan adalah sekitar 5 kilometer. Meskipun sejauh ini api terlihat membumbung tinggi.

“Kalau dari sini jarak memang jauh, tapi api kelihatan,” kata Suci.

Warga lainnya bernama Dedi menuturkan, hal yang sama bahwa kawasan kilang minyak mengeluarkan api dan suara cukup keras.

“Iya benar dari sini kelihatan, memang benar itu kawasan RU VI Balongan,” kata dia lewat telepon.

Dari video yang beredar di grup sosial media kondisi lokasi RU VI Balongan terbakar hebat sampai memaksa warga sekitar keluar rumah.(red)