Prancis Kutuk Majalah Pembuat Gambar Rasial Anggota Dewan

oleh -702 views

POSMETRO MEDAN- Majalah asal Prancis yang memiliki pembaca kaum kanan, Valeurs Actuelles, membuat cerita bergambar anggota parlemen keturunan Gabon Daniele Obono (40) dengan leher terikat rantai besi. Publik Prancis pun mengutuk tindak rasialis itu.

Atas gambar tersebut, Obono berkicau di akun resminya, “Ekstrim kanan – menjijikkan, bodoh, dan kejam. Singkatnya, seperti dirinya sendiri.”

Dalam pernyataannya, Kepresidenan Prancis menyebut Presiden Prancis Emmanuel Macron sudah menelepon Danielle Obono, anggota parlemen dari partai sayap kiri Prancis Unbowed, dan “menyatakan kecamannya yang nyata atas segala bentuk rasialisme”.

Macron, yang sempat memuji Valeurs Actuelles sebagai “majalah yang bagus” pada 2019, juga berjanji untuk membasmi rasialisme.

Namun, dia juga mengatakan Prancis tidak akan merobohkan patung tokoh-tokoh yang terkait dengan era kolonial atau perdagangan budak, seperti yang terjadi di negara lain belakangan ini.

Perdana Menteri Jean Castex mengatakan kasus ini sebagai “publikasi yang menjijikkan yang memicu kecaman yang nyata”.

“Saya ikut marah atas yang terjadi pada anggota parlemen Obono,” katanya.

“Seseorang bebas menulis novel busuk dalam batas-batas yang ditetapkan undang-undang. Yang lainnya bebas untuk membencinya. [Dan] saya membenci itu (gambar Valeurs Actuelle),” kata Menteri Kehakiman Eric Dupond-Moretti.