Museum Kariye, Gereja Kuno yang Diubah Erdogan Jadi Masjid

oleh -813 views

POSMETRO MEDAN- Setelah Hagia Sophia, kini giliran Museum Kariye di Kota Istanbul yang diubah fungsinya oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjadi masjid.

Semula, Museum Kariye adalah Gereja Chora, gereja ortodoks kuno yang sempat menjadi masjid dan kemudian museum.

Bangunan ini dikenal sebagai Gereja Chora yang secara harfiah berarti negara. Gereja ini mendapatkan julukan Holy Saviour Outside the Walls atau juru selamat suci yang berada di luar tembok. Julukan ini menandakan bahwa bangunan ini pertama kali dibangun di luar tembok monumental Theodosius II atau benteng Konstantinopel.

Museum Kariye termasuk dalam monumen Bizantium yaitu bangunan yang dibangun semasa Kekaisaran Bizantium atau Romawi Timur pada abad pertengahan. Layaknya arsitektur Bizantium lain, Museum Kariye dibangun sarat dengan mosaik dan lukisan yang berseni tinggi.

Sejak pertama kali didirikan pada abad ke-5, bangunan Museum Kariye sudah direkonstruksi lima kali. Perubahan paling signifikan terjadi pada abad ke-11, ke-12, dan ke-14. Pada 2013 lalu, museum ini juga direstorasi secara bertahap.

Saat ini, Museum Kariye memiliki lima unit arsitektur utama yaitu nave, paviliun, narthex dalam, narthex luar, dan kapel untuk makam.