Prediksi Alaves vs Barcelona: Kesempatan Terakhir Quique Setien

oleh -116 views

POSMETRO MEDAN- Pertandingan Alaves vs Barcelona dalam pekan 38 La Liga Spanyol 2019/2020 diselenggarakan Minggu (19/7/2020) pukul 22.00 WIB di Stadion Mendizorroza. Tampil dalam jornada pemungkas, duel ini menjadi kesempatan terakhir bagi Quique Setien untuk membuktikan kemampuannya sebagai arsitek.

Barca gagal merengkuh trofi La Liga musim ini. Tim asal Catalunya itu dipastikan hanya duduk sebagai runner-up hingga akhir. Mereka dalam kondisi tertinggal tujuh angka atas sang pemuncak dengan ada satu laga sisa saja.

Lionel Messi dan kolega pun dibuat menyaksikan sang rival utama, Real Madrid, yang mengangkat gelar juara. Padahal, Barcelona berhasil menjadi jawara dalam dua edisi gelaran sebelumnya.

Pekan lalu, Barca juga telah menodai rekor tidak terkalahkan di Camp Nou selama tampil di Liga Spanyol 2019/2020. Meskipun sang lawan adalah Osasuna, yang termasuk tim papan tengah, mereka justru menelan kekalahan kandang perdana dengan skor 1-2.

Kini, pemilik 26 trofi Liga Spanyol itu bakal melakoni duel pemungkas di akhir musim. Pertandingan lawatan ke markas Alaves menjadi kesempatan terakhir bagi Quique Setien untuk membuktikan kemampuannya sebagai arsitek.

Setidaknya, dengan meraih kemenangan atas tuan rumah, Setien bakal turut mengantarkan anak asuhnya menutup akhir musim ini dengan manis usai gagal menciptakan rekor hattrick gelar liga domestik untuk Blaugrana.

“Saya yang paling bertanggung jawab. Saya terlalu merasa mampu dan energik. Saya yakin kami bakal berubah menjadi tim yang berbeda,” beber pelatih 61 tahun itu, dikutip Marca, Kamis (17/7).

Sementara Alaves baru saja memastikan diri bertahan di Liga Spanyol setelah unggul 4 angka di atas zona merah. Sebelumnya, Aleix Vidal dan kawan-kawan terancam degradasi usai menuai hasil buruk. Rentetan negatif tersebut berujung pemecatan bagi Asier Garitano selaku pelatih dan digantikan Juan Ramón López Muñiz.

Meskipun berhasil membawa anak asuhnya tetap tampil di level teratas, López Muñiz pun menyatakan apresiasinya atas kerja keras yang sudah dilakukan Garitano.

“Atas hasil ini, saya ingin mengingat peran Asier (Garitano), pelatih terdahulu. Ia merupakan bagian besar dari target yang sudah dicapai klub. Kami mengakui pekerjaan yang sudah dilakukannya,” tutur López Muñiz.

Dengan demikian, El Glorioso diprediksi bakal tampil tanpa beban saat menjamu Barcelona. Namun, bisa memenangi duel pemungkas di kandang sendiri atas Barca juga dapat menjadi catatan tersendiri bagi tuan rumah sebelum menutup kompetisi musim ini.

Secara statistik, di atas kertas Barcelona memang unggul segalanya atas Alaves. Akan tetapi, kekalahan atas Osasuna di Camp Nou bisa menjadi pengalaman berharga bagi Blaugrana.

Dalam penampilannya, klub Catalunya itu sebenarnya memiliki kemampuan sangat merata di Liga Spanyol pada saat melakukan serangan dari ketiga sektor.

Whoscored mencatat, Barca memiliki angka 34 persen di kanan dan kiri, serta 31 persen di tengah. Artinya, tim tamu dapat memanfaatkan semua sisi untuk meraih hasil yang manis dalam menutup kompetisi liga.

Sementara tuan rumah tidak cukup memiliki keseimbangan. Mereka hanya menorehkan 22 persen saja untuk sektor tengah dalam melakukan serangan. Di kanan, tercatat 38 persen.

Namun, Alaves cukup unggul untuk sisi kiri dengan prosentase 40 persen. Maka, lini tersebut diprediksi menjadi andalan bagi El Glorioso dalam meladeni sang runner-up.(red)

Perkiraan Susunan Pemain
Alaves (4-4-2): Roberto Jimenez; Lisandro Magallan, Rodrigo Ely, Victor Laguardia, Adrian Marin; Aleix Vidal, Victor Camarasa, Luis Rioja, Tomas Pina; Joselu, Lucas Perez.

Barcelona (4-3-1-2): Marc-Andre ter Stegen; Jordi Alba, Clement Lenglet, Gerard Pique, Nelson Semedo; Sergi Roberto, Sergio Busquest, Ivan Rakitic; Arturo Vidal; Lionel Messi, Luis Suarez.

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro