Pesona Pantai Lumban Bulbul, Wisata Yang Indah Ramah Isi Kantong

oleh -343 views

POSMETRO MEDAN– Ada banyak cara menikmati liburan di Danau Toba. Salah satunya di Pantai Bulbul, di Desa Lumban Bulbul, Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Sejak lima tahun belakangan ini, destinasi wisata berpasir putih ini menjadi tujuan wisata favorit keluarga-keluarga yang ingin menikmati pesona Danau Toba.

Seperti liburan Natal dan Tahun Baru tahun ini, Pantai Bulbul kian ramai dengan kunjungan wisatawan.

Umumnya keluarga yang datang dari daerah-daerah dan luar kota seperti Medan, Tanjungbalai, Pematangsiantar,Pekanbaru,Surabaya,Yogyakarta dan Jakarta yang sedang berlibur,” kata Erwin Manurung , salah satu pengelola usaha pariwisata di tepi Danau Toba.

Pembangunan infrastruktur di Sumatera Utara yang belakangan ini terus kian memadai, semakin mempermudah wisatawan datang ke Pantai Bulbul.

Wisatawan dari Medan bisa menempuh perjalanan hanya sekitar 4 – 5 jam. Apalagi dengan adanya jalan tol Medan – Tebingtinggi yang dapat ditempuh sekitar 45 menit, semakin mempercepat perjalanan.

Kalau dari Jakarta, perjalanan ke Danau Toba juga semakin cepat sejak adanya Bandara Silangit di Humbang Hasundutan. Dari sini, akses ke Pantai Bulbul hanya bisa memakan waktu sekitar setenga Jam saja.

Apa yang menarik di Pantai Bulbul adalah Pantai Pasir Putih di mana wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas, misalnya mengendarai ATV di tepi pantai, menaiki kano, banana boat, kapal kayu pesiar untuk mengitari tepi danau.

Di tepi pantai, wisatawan dapat berenang karena tidak begitu dalam. Pada jarak 50 meter dari tepi pantai, dibuat pembatas agar wisatawan tidak berenang terlalu jauh.

“Setelah jam lima sore, semua wisatawan tidak boleh lagi berenang, demi keselamatan,” jelas Erwin

Soal kuliner, katanya, di kawasan wisata ini terdapat banyak kedai yang menyediakan makanan halal, misalnya ikan nila bakar dan lain-lain

Untuk pengunjung yang beragama Muslim juga disediakan mushola. “Jadi semua wisatawan bisa datang,” jelasnya lagi.

Satu lagi, katanya, warung maupun kedai di tepi pantai menyediakan daftar harga pada menu makanan di samping harga yang relatif terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.

“Kita nggak mau bikin harga mahal-mahal, nanti wisatawan jera dan tidak mau datang lagi,” sambungnya.

Pada hari liburan Natal dan Tahun Baru tidak jarang wisatawan menginap di homestay milik warga. Bila dibandingkan dengan kamar hotel di Kota Balige, jelas lebih murah.

Untungnya lagi, begitu bangun pagi, wisatawan dapat langsung berlari ke tepi pantai menikmati deburan air Danau Toba dan udara yang dingin

Selama liburan Natal dan Tahun Baru, Pantai Bul Bul ini menrunkan personil pengamanan seperti BPBD Kabupaten Tobasa,Satpol PP dan Dinas Kesehatan akan selalu menjaga dan memberikan rasa aman kepada wisatawan yang ingin berlibur ke tempat ini.

Dimana di pantai Bul Bul ini terdapat 3 pantai. oleh karena itu,team satgas pengamanan dari BPBD kabupaten Tobasa menyediakan personil 9 orang,Dinas Kesehatan menyediakan personil 4 orang dan Satpol PP menyediakan 4 orang dan membuat 3 pos penjagaan untuk memberikan pelayanan kepada para wisatawan.

Untuk Dinas Kesehatan Tobasa terletak di Pos Kedua.

Oleh karena itu, setiap personil melakukan penyisiran atau keliling pantai untuk memantau kondisi aman,nyaman dan tentram buat para wisatawan

Apabila ada wisatawan yang kecapean habis berenang dan mengalami sakit,team dari Dinas Kesehatan beserta Team dari BPBD kabupaten Tobasa dan Satpol PP siap memberikan pelayanan buat pengunjung ( red)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro