Mengenal Kopi Partungkoan yang Pernah Diseruput Jokowi di Balige

oleh -378 views

POSMETRO MEDAN Presiden Joko Widodo pernah melakukan lawatannya ke Balige, Sumatera Utara, dan memutuskan menghabiskan malamnya di Ibukota Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) itu, pada tahun 2019 lalu.

Tapi, ia tak mau semalamnya di Balige dilewatkannya begitu saja. Ia memilih mengopi di sebuah kedai sederhana di Jln. Sisingamangaraja No. 172, Balige. Kedai yang beruntung didatangi kepala negara itu adalah Kedai Kopi Partungkoan, yang masih dalam kawasan Pasar Balige.

Jokowi yang tampak santai mengenakan kameja putih dibalut jaket bitu itu ditemani Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, dan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.

Ia memesan segelas kopi yang diketahui seharga Rp7.000, dan langsung jatuh hati pada kopi asli Tobasa ini, sejak seruputan pertama.

“Satu cangkir harganya Rp 7.000. Enak banget, mantap, mantul. Jadi, kopinya itu Kopi Partungkoan, asli dari Tobasa. Kopi asli sini. Saya pingin nyoba, enak, mantap, mantul,” pujinya.

Partungkoan dalam bahasa Batak ‘Partukkoan’ diartikan sebagai wadah untuk berkomunikasi atau bermusyawarah. Atau dalam lingkup yang lebih luas lagi adalah ajang pengambilan sebuah keputusan hukum atau adat, untuk merencanakan pembangunan, atau hubungan sosial kemasyarakatan, termasuk keamanan.

Singkat dan sederhananya, kedai kopi ini adalah tempat mengobrol apa saja.

Kopi yang diminum Jokowi adalah jenis robusta yang biasanya di Balige baru bisa dipenen setelah 5 tahun. Hebatnya, pohon kopi ini akan terus menghasilkan sampai menua di usia 40 tahun.

“Tampilannya bersahaja, tapi rasanya luar biasa. Tempatnya juga biasa banget, tapi begitu menghirup kopinya-kelar! Enak banget!,” tulisnya di sana.

Kopi robusta ini dibawa langsung dari Parsoburan yang berjarak sekitar 48 kilometer dari Balige.

Kopi ini selalu menjadi buah tangan wajib ibu mertuanya yang adalah wanita asli Balige. Setelah beberapa kali dibawakan biji kopi, ia akhirnya bisa merasakan sendiri, dan menikmati sensasinya langsung di kedainya, Partungkoan, saat ke Balige.

Presiden Jokowi mengopi di kedai Partungkoan, Balige, saat melakukan lawatannya ke Balige, Sumatera Utara 2019 lalu

“Akhirnya biji kopi dari sini selalu jadi titipan wajib, dan trip kali ini puas banget karena bisa menikmati kopinya langsung di sini, bahkan hingga beberapa kali,” ceritanya.

Selain menyeduh kopi untuk para penikmatnya yang datang langsung, kedai ini juga menyediakan biji kopinya. Kamu juga bisa membeli biji kopi freshly roasted yang diolah langsung di sini.

Mereka menyediakannya dalam bentuk beans, dengan warna yang lebih pekat, hitam mengkilat karena sedikit berminyak. Mereka juga menjual paket yang sudah digiling, tetap dengan nama yang sama, Partungkoan.

“Karena kopi yang diracik dari biji yang baru digiling rasanya lebih enak, beda banget,” katanya.

Setelah Jokowi mampir dan merasakan sendiri Kopi Partungkoan, kedai ini tentu akan makin dikenal banyak orang. Kamu yang ke Balige, wajib singgah ya!

“Yang pecinta kopi, kalau trip ke Sumatera Utara, wajib nyobain ngopi di sini. Dijamin ketagihan,” ajaknya. (red)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro