Berebut ke Premier League

oleh -170 views

Perebutan promosi ke Premier League lewat kompetisi English Football League (EFL) Championship akan lanjut pada 20 Juni. Klasemen Liga Inggris Divisi 1 atau Championship 2019/2020 ketat di papan atas antara Leeds United dan West Brom Albion (WBA) yang bersaing untuk merengkuh gelar juara.

Pihak EFL telah merilis jadwal revisi dan klub-klub kontestan telah kembali ke sesi latihan penuh dengan kontak fisik. Rencananya, Championship musim ini akan dirampungkan pada 22 Juli dan babak play-off diselesaikan pada 2 atau 3 Agustus 2020.

Hingga Liga Inggris ditangguhkan pada 13 Maret lalu, sebanyak 11 tim teratas Championship masih bersaing untuk mendapat tiket promosi ke Premier League. Leeds United dan West Bromwich Albion paling berpeluang merebut promosi otomatis.

Dua tim ini mendominasi musim 2019/2020. Leeds, yang sudah 16 tahun absen dari divisi teratas Liga Inggris, kini memimpin klasemen dengan 71 poin. Namun, WBA masih berpeluang besar menggeser skuad asuhan Marcelo Bielsa karena hanya tertinggal satu angka di peringkat kedua.
Promosi via Play-Off

BACA..  Prediksi Pertandingan Lazio vs Atalanta BC

Perebutan tiket play-off promosi juga sengit. Zona play-off sementara dipimpin oleh Fulham dengan 64 poin di peringkat ketiga. The Cottagers dibuntuti oleh Brentford dan Nottingham Forest yang sama-sama mengoleksi 60 poin.

Sedangkan di batas akhir zona play-off, Preston North End masih berada dalam posisi rawan. Skuad besutan Alex Neil ini mengoleksi 56 poin dan hanya berjarak tiga angka dari peringkat 11.

Preston ditempel ketat oleh Bristol City yang mengumpulkan 55 poin di peringkat tujuh. Di bawah Bristol, Millwall dan Cardiff City juga mengincar zona play-off dengan modal 54 poin.

Sedangkan Blackburn Rovers dan Swansea City yang mengoleksi 53 poin pun masih berpeluang lolos ke play-off.

BACA..  Prediksi Pertandingan Dynamo Kiev vs Gent

Kendati dalam posisi rawan, Preston tetap yakin bisa mempertahankan posisinya. Terlebih lagi, klub yang bermarkas di Deepdale ini belum pernah mencicipi kancah teratas Liga Inggris sejak terdegradasi pada 1961.

“Semua pemain ingin menyelesaikan musim dan lolos ke play-off. Ini tantangan kami sekarang. Kami telah menjalani musim ini dengan tangguh dan kami tidak ingin menyia-nyiakan seluruh kerja keras yang telah kami sumbangkan,” ucap bek Jordan Storey dikutip laman resmi Preston.

Ketat di Zona Merah

Championship 2019/2020 juga masih menyisakan persaingan ketat di zona degradasi. Hingga pekan 37, terdapat delapan tim yang berebut menghindari zona merah tersebut.

BACA..  Prediksi Pertandingan Omonia Nicosia vs Olympiacos

Dua tim terbawah, Barnsley dan Luton Town, sementara menjadi kandidat terkuat untuk didegradasi ke League One. Dua tim ini masing-masing meraih 34 dan 35 poin. Sedangkan di peringkat 22 atau batas akhir degradasi, Charlton Athletic mengoleksi 39 poin.

Charlton lebih berpeluang keluar dari zona merah. The Addicks hanya terpaut dua angka dari Hull City, Wigan Athletic, dan Middelsbrough di zona aman.

Tiga klub tersebut baru mengumpulkan 41 poin. Di atas tiga tim ini, Huddersfield Town dan Stoke City juga masih dalam posisi rawan dengan modal 42 poin. (red)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro