Walikota Tanjungbalai Siapkan Lahan Kuburan Korban Covid-19

oleh -116 views

TANJUNGBALAI – Pasca keluarnya himbauan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan, warga Indonesia agar hidup berdampingan dengan virus corona atau Covid-19, ternyata Walikota Tanjungbalai secara diam-diam telah menyiapkan lahan pemakaman bagi  yang meninggal dunia karena terjangkit virus corona atau Covid-19.

Lokasi pemakaman tersebut berada di dua lokasi yakni di Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso bagi korban Covid19 yang beragama Islam dan di Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar (belakang Terminal Batu 7) bagi korban Covid-19 yang beragama Kristen.

Hal itu diungkapkan Walikota Tanjungbalai H M Syahrial,SH,MH kepada awak media saat turun meninjau lokasi pemakaman tersebut, Rabu (13/5).

Katanya, lokasi pemakaman tersebut adalah lokasi pemakaman yang jauh sebelumnya sudah ada namun masih kosong atau belum terpakai.

“Lokasi yang disiapkan untuk korban Covid-19 yang beragama Islam berada di Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso yang luasnya sekitar 1 Ha dan korban Covid-19 yang beragama Kristen akan dimakamkan di Pemakaman Umat Kristiani di Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar (Belakang Terminal Batu 7) yang luasnya sekitar 2 Ha. Persiapan lokasi ini dilakukan untuk mengantisipasi agar pemakaman jenazah korban virus corona atau covid19 dapat berjalan lancar,” ujar Walikota H M Syahrial,SH,MH.

Menurut Walikota H M Syahrial,SH,MH, pihaknya sudah menginstruksikan kepada Direktur RSUD Dr Tengku Mansyur Tanjungbalai agar berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk legalitas dari lokasi pemakaman khusus korban corona atau Covid-19 tersebut. Selain itu, lanjutnya, RSUD Dr Tengku Mansyur maupun Dinas Kesehatan juga telah diminta agar mempersiapkan petugas penguburannya sesuai dengan prosedur SOP Covid-19.

“Dengan disediakannya lokasi ini, saya berharap seluruh warga Kota Tanjungbalai tidak mempersoalkan pemakaman warga korban Covid-19 yang meninggal dunia dengan alasan khawatir terjangkit virus corona. Warga juga tak perlu takut dengan jenazah korban Covid-19, karena pemakaman jenazahnya juga dilakukan sesuai prosedur SOP Covid-19,” ujar Walikota Tanjungbalai, H M Syahrial,SH,MH didampingi Walman Girsang, Koordinator Humas Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Tanjungbalai. (ign)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro