Nelayan Warga Sibolga Belanja Sabu dari Batubara Diciduk Polisi

oleh -136 views

SIBOLGA – Satuan Reserse Narkoba Polres Sibolga kembali menangkap seorang pria penyalahguna narkotika jenis sabu-sabu, Minggu (10/5) sekira pukul 02.30 WIB.

Pria berinisial MH alias L (35) tersebut ditangkap di sekitar rumahnya di Jalan Merpati, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan. Dari tangan nelayan tersebut, polisi menyita barang bukti berupa dua paket sabu terbungkus plastik bening dan setelah ditimbang beratnya 2,32 gram.

Kemudian, sebuah kotak dus warna coklat, sebuah tutup botol plastik warna kuning, sebuah pipa kaca bekas bakaran sabu dan 2 buah pipet plastik bening.

Kepada penyidik, MH mengaku memperoleh sabu dari temannya warga Kabupaten Batubara pada bulan April 2020 yang lalu. “Bulan April 2020, MH ngobrol dengan temannya di Kabupaten Batubara dan mengatakan, ada di situ yang bisa bawakan sabu. Dan dijawab temannya, ada dan sinilah uang abang biar kucarikan sabunya.

Sinilah uang abang Rp1.500.000. keesokan harinya MH mengirim uang tersebut melalui rekening,” kata Kapolres Sibolga dalam keterangannya melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, Minggu (17/5).

Tiga hari kemudian, MH dikabari kalau sabu pesanannya sudah tiba di Sibolga dan menyuruhnya menjemput di sebuah loket travel. Tiba di loket, MH ditemui seorang pria yang merupakan kurir.

“Aku sudah di loket, mana orangnya. Dijawab, tunggu biar ku telpon. Beberapa menit kemudian datang seorang pria yang tidak dikenal dan mengatakan, ini barang pesananmu, dimana kukasih. Kemudian MH membawa pria itu ke rumahnya dan menerima sabu sebanyak dua bungkus plastik bening seberat 10 gram atau 2 zak,” ungkapnya.

Awalnya, MH sempat protes karena sabu yang dikirim kebanyakan. Namun oleh pengirim, MH disuruh menyimpan.

Seminggu kemudian, pengirim sabu mendatanginya dan mengambil kembali 1 paket sabu yang disimpan MH.

“Yang 1 bungkus belum dirusak. Kemudian orang tersebut menerima kembali sabu yang dikirim sebanyak 1 bungkus atau 5 gram,” ungkapnya.

Saat ditangkap polisi, MH sedang berjalan di Jalan Merpati, hendak mengkonsumsi barang haram miliknya. Dan menurut MH, sabu 5 gram yang dibelinya tidak untuk dijual kembali. Melainkan untuk konsumsi sendiri.

Polisi tidak hanya menemukan barang bukti dari tangan MH, yang sebelumnya sempat dibuang ke tanah untuk mengelabui petugas. Polisi juga menemukan barang bukti sabu lainnya dari rumahnya.

Usai ditetapkan sebagai tersangka, MH kemudian ditahan di RTP Polres Sibolga.

Karena telah melakukan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika sebagaimana dimaksud dalam pasal 114 ayat (1) Subsider pasal 112 ayat (1) dari Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, tersangka diancam hukuman diatas 5 tahun. (ts)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro