Nekat Mudik ke Tapteng Jelang Idul Fitri, 22 Orang Diisolasi

oleh -132 views

TAPTENG – Pemkab Tapanuli Tengah (Tapteng) mengisolasi 22 orang yang tetap pulang kampung alias mudik ke Tapteng menjelang hari raya Idul Fitri. Ke-22 orang itu diisolasi di lokasi yang disediakan Pemkab selama 14 hari untuk mencegah penyebaran virus Corona.

“22 orang diisolasi ada tempat yang kami sediakan di Gedung Akper sama Gedung SDM Tapanuli Tengah,” kata Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, Kamis (21/5/2020).

Dia mengatakan ke-22 orang itu sudah berada di lokasi karantina selama dua hari. Bakhtiar mengatakan seluruh kebutuhan warga yang diisolasi ditanggung Pemkab Tapteng.

“Yang sebelumnya itu udah ada keluar, 14, 18, nah keluar, sekarang posisinya 22 orang (diisolasi). Sekarang karena masih muat kami isolasi, kalau nggak ya di masing-masing desa ada tempat yang disiapkan,” ucapnya.

“Kita imbau nggak boleh pulang kampung. Kalau pulang, kita karantina 14 hari. Biayanya kita tanggung. Alhamdulillah (yang sudah selesai karantina) sehat semua,” ujar Bakhtiar.Bakhtiar menyebut isolasi ini dilakukan Pemkab demi mengurangi minat warga untuk mudik. Dia juga mengatakan isolasi di dua lokasi tersebut dipilih demi menghindari ada warga yang tak patuh untuk melakukan isolasi mandiri.

Bakhtiar mengingatkan warga keberhasilan dan kegagalan dalam mengatasi pandemi Corona tergantung dari usaha bersama. Dia mengajak warga untuk patuh terhadap imbauan pemerintah demi mencegah penyebaran virus Corona di Tapteng.

“Keberhasilan itu pasti dan kegagalan itu pasti, tinggal tergantung pada kita seberapa kuat dan bertahan,” ucapnya.

“Kami hanya pesankan, karena di sini masih zona hijau sudah barang tentu adanya salat di lapangan atau masjid, kita tidak melarang dan tidak menyuruh. Imbauan itu biarlah dari Kementerian Agama. Namun dari hanya memesankan, apabila salat di masjid ataupun di rumah jaga kebersihan, ikuti protokol COVID-19. Kita siapkan perawat di masing-masing masjid untuk cek suhu dan masker, kami sudah bagikan masker,” ujarnya.

Selain itu dia mengatakan umat muslim di Tapteng tetap bisa menggelar salat Idul Fitri berjemaah di lapangan atau masjid. Namun, dia meminta warga untuk mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Corona. (deco/bbs/pm)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro