Cegah Covid-19, Plt Walikota dan Kepala Dinas PP&KB Tinjau Kampung KB dan Puskesmas Amplas

oleh -289 views

MEDAN – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengunjungi masyarakat kampung KB yang menjadi kampung binaan Dinas PP&KB Kota Medan, di Rusunawa, Jl Seser 1, Kel Amplas, KecMedan Amplas, Kamis (14/5).

Kunjungan ini guna melihat langsung kondisi warga kampung KB sekaligus bagaimana Dinas PP&KB Kota Medan melakukan pembinaan terhadap warga kampung KB khususnya dalam pencegahan penyebaran covid-19 di Kota Medan.

Sebelum melihat kondisi warga yang berada di kampung KB, Akhyar terlebih dahulu menyerahkan bantuan berupa bahan pokok kepada kampung KB.

Kemudian didampingi Kepala Dinas PP&KB Kota Medan Drg Usma Polita, dan Camat Medan Amplas Edi Mulia Matondang, Akhyar melihat langsung kondisi warga kampung KB yang sudah memiliki kesadaran untuk menggunakan masker.

Disela-sela kunjungannya, Akhyar mengatakan kunjungan ini dilakukan untuk melihat kondisi warga kampung KB di tengah pandemi virus corona di Kota Medan sembari memberikan edukasi kepada warga, agar tetap menggunakan masker apabila keluar rumah mengingat wabah Virus Corona sampai saat ini masih terus berkembang.

“Wabah ini masih terus berkembang, bahkan secara nasional semalam terjadi peningkatan jumlah korban, karena itu kita sama-sama harus segera memutus mata rantai penyebaranya dengan wajib menggunakan masker, rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak,” kata Akhyar.

Disamping itu Akhyar juga menyebutkan saat ini Pemko Medan terus melakukan berbagai upaya untuk memutus penyebaran virus corona ini salah satunya dengan cara penelusuran (tracing) dan karantina rumah.

” Insya allah hari ini kita sudah mulai memberlakukan karantina rumah bagi warga yang sudah dilakukan screening dan tracing,” ucap Akhyar.

Oleh karena itulah Akhyar mengimbau kepada warga masyarakat Kota Medan agar jangan menganggap sepele penyebaran virus corona ini, sebab apabila di biarkan virus ini akan terus berkembang dan akan semakin banyak memakan korban.

“Jika kita sepele maka virus ini akan semakin lama dan semakin susah untuk dihilangkan, karena itu siapapun dia saya menghimbau agar kita mencegat penyakit ini dengan menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak, karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati,” imbau Akhyar.

Sebelumnya Kepala Dinas PP&KB Kota Medan Drg Usma Politas menjelaskan Dinas PP&KB Kota Medan memiliki program kampung KB yaitu sebuah program yang mengajak warga untuk hidup sehat dimulai dari keluarga.

Untuk saat ini, lanjut Usma Polita, demi menjaga kesehatan keluarganya, warga sudah mau menggunakan masker dan tidak keluar rumah apabila tidak ada kepentingan.

“Dari kunjungan ini kita bisa melihat masyarakat sudah mulai sadar untuk menggunakan masker, karena didalam pembinaan yang kita lakukan mengedukasi masyarakat bahwa virus corona ini tidak dapat hanya dicegah oleh Pemerintah saja melainkan juga harus mendapat dukungan dari partisipasi masyarakat,” jelas Usma Polita.

Disamping memberikan edukasi, Dinas PP&KB Kota Medan juga telah memberikan sembako kepada warga masyarakat yang membutuhkan. Diharapkan paket sembako yang diberikan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Jadi sudah 125 paket sembako yang kita bagikan baik itu diserahkan secara roadshow di zona merah ataupun diserahkan ke orangnya langsung,” sebutnya.

⏩⏩ Dinas PP & KB Peduli Corona

Dalam rangka percepatan penangggulangan covid 19, Dinas PP dan KB Kota Medan, melakukan berbagai langkah. Diantaranya; pertama, sosialisasi penggunaan masker, cuci tangan pakai sabun dan 8 fungsi keluarga benteng ampuh untuk mencegahan covid 19 di 21 Kecamatan sekota Medan oleh penyuluh KB menggunakan Mobil Unit Penerangan (Mupen) Dinas Pengendalian Penduduk dan KB.

Kedua, roadshow bantuan sembako oleh PKB/PLKB dan Pegawai Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Medan berjumlah 125 paket di wilayah zona merah covid 19 kota medan.

Terakhir, hari bantuan sosial oleh masyarakat peduli covid 19 di Kampung KB Kelurahan Amplas kecamatan Medan Amplas sejumlah 30 paket sembako, masker, payung KIE Program Bangga Kencana oleh Plt. WALIKOTA Medan, sekaligus peninjauan pelayanan kesehatan di Puskesmas Amplas Jl Garu 2b dan memberi bantuan masker medis 5 kotak, Handsanitizer 3 botol. (oki)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro