Cara Membersihkan Keyboard Laptop Agar Bersih dari Bakteri & Virus

oleh -169 views

Menjaga kebersihan papan ketik (keyboard) komputer jinjing (laptop) yang sering dipakai sehari-hari sangat penting untuk mencegah penyebaran bakteri, kuman, hingga virus.

Sebuah penelitian yang dilansir CBT Nuggets menemukan, keyboard laptop 20.000 kali lebih kotor daripada dudukan toilet.

Penelitian dari Swinburne University of Technology di Australia juga mempelajari jumlah dan jenis bakteri pada keyboard komputer pribadi maupun umum di sekitar kampus perguruan tinggi itu.

Hasil riset yang dilansir National Centre for Health Research tersebut menemukan bahwa keyboard dapat menjadi “rumah” bakteri dalam kadar tinggi. Keyboard komputer yang dipakai bersama pun cenderung memiliki lebih banyak bakteri daripada yang digunakan oleh hanya satu orang.

Membersihkan keyboard laptop sebenarnya mudah dan hanya butuh waktu singkat. Berikut tips dan langkah membersihkan keyboard laptop secara efektif, seperti dikutip dari laman resmi Acer.

1. Matikan perangkat terlebih dahulu
Sebelum mulai bersih-bersih, pastikan sudah mematikan perangkat dan cabut charger dari sumber daya. Kemudian, balik laptop dan goyangkan perangkat secara lembut untuk mengeluarkan debu atau kotoran yang menempel.

2. Gunakan cairan dan kain yang tepat
Sekarang, ambil kain microfiber, lalu basahi dengan cairan desinfektan sampai lembab sebelum dilap di permukaan keyboard. Microsoft menyarankan untuk menggunakan cairan desinfektan yang mengandung 70 persen isopropil alkohol karena efektif untuk membersihkan dan mendisinfektan perangkat dari ancaman virus corona. Tersedia juga produk berbentuk foam pembersih barang elektronik yang bisa kamu dapatkan di pasaran.

div class="__mango" data-placement="1219"

3. Pastikan semua bagian keyboard dibersihkan
Ketika membersihkan keyboard, pastikan tangan bersih. Sebaiknya, gunakan sarung tangan sekali pakai. Lalu, usapkan secara perlahan kain microfiber ke seluruh permukaan keyboard. Jangan lupa bersihkan pula area lain laptop seperti layar, sasis, dan area touchpad laptop untuk menghilangkan kuman, debu, noda berminyak, atau sidik jari.

Untuk membersihkan kotoran di sela tombol-tombol keyboard, gunakan kuas atau vacuum cleaner mini. Setelah semua dibersihkan, buang sarung tangan setelah selesai membersihkan keyboard, lalu jangan lupa mencuci tangan.

4. Keringkan keyboard sebelum laptop menyala
Pastikan semua permukaan keyboard yang sudah dibersihkan kering secara sempurna sebelum menyalakan perangkat kembali. Jangan menyalakan laptop bila masih ada cairan atau kelembaban yang tersisa di permukaan keyboard.

Setelah keyboard laptop sudah bersih, jangan lupa turut membersihkan meja kerja dan perangkat lain seperti mouse, mouse pad dan ponsel. Perangkat-perangkat itu juga sering disentuh tangan sehingga juga berpotensi menjadi “rumah” banyak kuman dan bakteri. Pembersihan sejumlah alat itu bisa dilakukan dengan cairan desinfektan, sebagaimana yang dilakukan pada keyboard.(tirto/red)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro