Ini Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Lewat Situs PLN dan WhatsApp

oleh -920 views

JAKARTA – Pemerintah memberikan keringanan tarif listrik kepada 31 juta pelanggan PLN selama tiga bulan. Kebijakan untuk menanggulangi dampak pandemi virus corona (Covid-19) tersebut diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir Maret lalu.

Keringanan tarif listrik tersebut diberikan oleh pemerintah selama tiga bulan berturut-turut yakni pada bulan April, Mei dan Juni 2020. Untuk pemberian keringanan ini, pemerintah menyiapkan dana Rp3,5 triliun.

Melalui kebijakan ini, pemerintah memberikan fasilitas tarif listrik gratis selama tiga bulan kepada 24 juta pelanggan PLN pengguna daya 450 VA. Pemerintah juga memberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen, selama tiga bulan, untuk 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi.

Tarif Listrik Gratis Bagi Pelanggan Prabayar & Pascabayar

Sesuai dengan keterangan Kementerian ESDM, tarif listrik gratis selama tiga bulan bisa diperoleh 24 juta pelanggan 450 VA dari kategori reguler (pascabayar) maupun prabayar.

Namun, kata Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana, mekanisme penggratisan tarif listrik bagi pelanggan 450 VA kategori pascabayar dan prabayar tidak sama.

“Untuk golongan [pelanggan] 450 VA yang reguler atau pakai dulu baru bayar [pascabayar], berapa pun pakainya ya gratis, tidak bayar apa-apa [selama 3 bulan],” kata Rida melalui siaran resmi Kementerian ESDM.

Sedangkan pelanggan 450 VA kategori prabayar bisa mendapatkan pembebasan tarif listrik selama 3 bulan dengan memperoleh token gratis. Besaran token gratis setara pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

“Masing-masing pelanggan konsumsinya beda-beda, kami sudah punya profil pelanggan, angka maksimum dari pemakaian 3 bulan terakhir, yang kita berikan selama tiga bulan ke depan,” jelas Rida.

Diskon 50 Persen Hanya untuk Sebagian Pelanggan 900 VA

Rida menjelaskan mekanisme pemberian diskon 50 persen kepada 7 juta pengguna daya 900 VA bersubsidi juga dibedakan untuk pelanggan kategori reguler (pascabayar) dan prabayar. Secara praktik, mekanismenya mirip dengan yang diberlakukan untuk pelanggan 450 VA.

“Yang [pelanggan 900 VA] reguler [pascabayar] akan diberi diskon 50 persen dari biaya pemakaian dan biaya beban [per bulan],” ungkap Rida.

Adapun pelanggan 900 VA kategori prabayar bisa memperoleh diskon dengan mendapatkan token listrik gratis sebesar 50 persen dari pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir. “Persis seperti [pelanggan] 450 VA [prabayar], hanya saja tidak gratis, tetapi bayarnya 50 persen,” ujar Rida.

Namun, tidak semua pelanggan 900 VA bisa mendapatkan diskon. Rida menegaskan diskon tarif listrik 50 persen hanya diberikan kepada pelanggan 900 VA yang bukan golongan Rumah Tangga Mampu (RTM). Jadi, hanya sebagian pelanggan daya 900 VA yang dapat memperoleh diskon.

“Sejumlah 31 juta pelanggan yang disebutkan [menerima keringanan] adalah saudara-saudara kita yang selama ini sebagai penerima subsidi listrik, yaitu golongan pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900VA [bukan RTM],” jelas Rida.

Cara Mengisi Token Listrik Gratis & Mendapat Diskon PLN

PT PLN telah mengumumkan tata cara untuk mendapatkan keringanan biaya listrik bagi pelanggan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, termasuk bagaimana mengisi token listrik gratis.

Keterangan resmi PLN yang dirilis pada hari ini menyebutkan bahwa para pelanggan daya 450 VA kategori pascabayar akan otomatis langsung mendapatkan pembebasan tagihan biaya listrik pada bulan April, Mei dan Juni 2020.