Polres Tanjungbalai Amankan 39 TKI Ilegal

oleh -392 views

TANJUNGBALAI – Sat Res Krim Polres Tanjungbalai amankan sebanyak 39 orang tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal yang akan kembali ke Indonesia dengan menggunakan kapal pompong/kayu.

TKI ilegal tersebut diamankan saat kapal yang mengangkutnya melintas di perairan Kuala Bagan Asahan, Kabupaten Asahan menuju perairan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, Jumat (13/3) sore sekitar pukul 15.00 Wib.

Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira, SIK, MH yang dihubungi melalui Wakil Kapolres, Kompol Edi Bona Sinaga, SH membenarkannya. Katanya, selain mengamankan 39 orang TKI, pihaknya juga mengamankan awak kapal sebanyak 4 (empat) orang berikut 1 (satu) unit kapal pompong/kayu tanpa nama dan nomor grosstone (GT) yang digunakan untuk mengangkut para TKI ilegal tersebut.

Benar, pada hari ini, Jumat (13/3) sekitar pukul 15.00 Wib, kita telah mengamankan sebanyak 39 orang TKI ilegal atau tanpa dokumen yang sah, terdiri dari laki-laki sebanyak 26 orang, perempuan sebanyak 10 orang dan anak-anak sebanyak 3 orang. TKI tersebut, lanjutnya,  diamankan dari kapal pompong/kayu tanpa nama dengan anak buah kapal (ABK) sebanyak 4 (empat) orang, saat melintas di perairan Kuala Bagan Asahan, Kabupaten Asahan menuju perairan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, kata Kapolres.

39 TKI ilegal sedang menjalani pemeriksaan barang dan kesehatan di Polres Tanjungbalai. (f: ignatius siagian)

“Selanjutnya, kapal pompong/kayu tersebut di amankan ke Kantor Sat Pol Air Polres Tanjungbalai sementara, TKI dan ABK di bawa ke Markas Komando (Mako) Polres Tanjungbalai guna pemeriksaan lebih lanjut. Untuk ke 39 TKI, akan dikembalikan ke daerah asal masing-masing melalui Kantor Imigrasi Tanjungbalai karena tidak terbukti membawa barang terlarang maupun virus corona atau Covid 19. Sedangkan ke 4 ABK kapal yakni 1 orang Nahkoda dan 3 orang adalah awak kapal, masih diamankan untuk proses hukum lebih lanjut. Demikian juga dengan 1 unit kapal pompong/kayu, tetap diamankan sebagai barang bukti, ” kata Wakil Kapolres Kompol Edi Bona Sinaga, SH.

Sampai saat berita ini diperbuat, ke 39 orang TKI ilegal tersebut bersama 4 ABK kapal masih diamankan di Mako Polres Tanjungbalai. (ign)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro