Lawan Virus Corona, Pemko Tanjungbalai Siapkan Dana Rp800 Juta

oleh -934 views

TANJUNGBALAI – Untuk menghadapi dampak penularan virus corona atau Covid-19, Pemerintah Kota Tanjungbalai telah mempersiapkan dana sebesar Rp800 juta.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungbalai yang juga Ketua Tim Satgas Gugus Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai, Yusmada Siahaan SH,M.AP saat dihubungi melalui sellularnya, Kamis (26/3).

“Kita baru saja menyepakati pengalokasian anggaran sebesar Rp800 juta untuk menghadapi penularan atau merebaknya virus corona atau Covid–19 di Kota Tanjungbalai ini. Namun demikian, anggaran tersebut masih bersifat sementara dan bisa saja bertambah sesuai dengan kondisi dilapangan,” ujar Yusmada Siahaan SH,M.AP.

Menurut Yusmada, dana sebesar Rp800 juta tersebut dialokasikan untuk pembelian perlengkapan untuk menanggulangi dampak Covid-19 seperti pembelian obat-obatan, alat perlindungan diri, penyemprotan disinfektan, pengadaan hand sanitizer dan lain-lain.

Katanya, pengalokasian anggaran tersebut mengacu kepada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor : 7 Tahun 2020 tentang Pedoman Perubahan Kegiatan Dalam Rangka Penanggulangan COVID-19.

Seperti diketahui, saat ini di Kota Tanjungbalai ditemukan adanya warga yang terindikasi terdampak virus corona atau Covid-19 yakni 1 (satu) orang dengan status PDP dan dirawat di RS Imelda di Medan dan 11 orang dalam status ODP dan dirawat di kediaman masing-masing.

Sementara, Pemko Tanjungbalai tidak memiliki persediaan guna menghadapi penularan dari virus corona tersebut sehingga guna mengantisipasi kelangkaan alat medis, pengalokasian anggaran sementara tersebut dinilai perlu dilakukan.

Terkait dengan merebaknya virus corona atau Covid-19 tersebut, saat ini Pemko Tanjungbalai bersama Polres Tanjungbalai serta instansi terkait lainnya telah melakukan berbagai kegiatan seperti sosialisasi tata cara pencegahan merebaknya virus corona hingga penyemprotan disinfektan termasuk bagi-bagi masker secara gratis kepada masyarakat. Dan salah satunya langkah penting adalah dengan pengalokasian anggaran sebesar Rp800 juta yang sifatnya masih sementara. (ign)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro