Karena Pandemi Corona , Liga Inggris Ditunda Hingga Awal April 2020

oleh -263 views

LONDON – Premier League, Football Association (FA), English Football League (EFL), dan Women’s Super League (WSL) resmi menunda kompetisi sepak bola Liga Inggris, setidaknya hingga 4 April 2020.

Keputusan tersebut diumumkan setelah rapat yang digelar pada Jumat (13/3/2020) hari ini untuk menyikapi persebaran virus Corona (Covid-19).

“Menyusul rapat pemegang saham hari ini, secara bulat telah diputuskan untuk menunda Liga Primer Inggris dan akan memulainya kembali pada 4 April, sesuai dengan anjuran medis serta melihat kondisi saat ini,” demikian pernyataan di laman resmi Premier League.

Dalam pengumuman tersebut, diputuskan bahwa pekan 30-31 Liga Inggris yang berlangsung pada bulan Maret 2020 ditunda. Pertandingan level akademi pun ditunda. Premier League menyatakan akan melakukan penjadwalan ulang saat “keadaan sudah aman.”

“Dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya seperti sekarang, kami kerja berdampingan dengan klub, Pemerintah, FA dan EFL untuk agar bisa meyakinkan semua pihak bahwa kesehatan dan kesejahteraan seluruh pemain, staf serta para suporter merupakan prioritas kami,” kata Direktur Eksekutif Premier League, Richard Masters dalam pengumuman tersebut.

Kendati semula menjadwalkan pertandingan pekan 30 akhir pekan ini, Premier League memutuskan mengambil langkah cepat usai pelatih Arsenal, Mikel Arteta dan pemain Chelsea, Callum Hudson-Odoi dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Situasi pun semakin tidak menentu dan mempengaruhi kegiatan sepak bola di Inggris usai sejumlah klub melaporkan gejala Covid-19 dan melakukan prosedur isolasi terhadap pemain atau stafnya.

Dilansir Squawka, Arsenal dan Chelsea mengumumkan bahwa skuad utama mereka kini menjalani prosedur isolasi. Sedangkan Manchester City, Everton, Leicester City, Watford, dan Bournemuth juga mengumumkan sebagian pemainnya menjalani isolasi karena mengalami gejala yang mirip dengan Covid-19 atau telah melakukan kontak dekat dengan pasien positif virus corona.

Selain Liga Primer, kompetisi yang dibawahi EFL yaitu EFL Championship, League One, dan League Two juga ditunda hingga April 2020. Penundaan ini termasuk kompetisi yang dibawahi FA yaitu Piala FA dan kompetisi yang dibawahi WSL yaitu Women’s Super League dan Women’s Championship.

Penundaan kompetisi sepak bola di Inggris mengikuti langkah serupa di negara Eropa lainnya yang terdampak pandemi virus Corona.

Di Eropa, sejauh ini enam negara, yaitu Italia, Spanyol, Jerman, Portugal, Belanda, dan Perancis telah menunda jalannya kompetisi sepak bola. UEFA pun menunda pertandingan Liga Champions dan Liga Europa yang dijadwalkan pekan depan.

Berdasarkan data WHO, Sampai 13 Maret 2020, terdapat lima negara Eropa yang masuk ke dalam daftar 10 negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak di dunia.

Kelima negara tersebut ialah Italia (15.113 kasus), Spanyol (2.965 kasus), Perancis (2.860 kasus), Jerman (2.369 kasus) dan Swiss (858 kasus). Adapun di Inggris, sudah ditemukan ada 594 kasus Covid-19).(red)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro