Bangunan 4 Unit Berlantai 3 Kokoh Berdiri

oleh -301 views
LUBUK PAKAM – Empat unit bangunan berlantai tiga tanpa plank Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Jalan Negara, Kelurahan Petapahan, Kecamatan Lubuk Pakam hampir rampung.

Sesuai peraturan pemerintah, dalam hal ini Peraturan Bupati (Perbub) nomor 6 tahun 2011 tentang perizinan disebutkan, harus mwngurus izin twrlebih dahulu ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu (DPMPPSP), Pemkab Deli Serdang.

Hasil amatan Posmetro Medan di lokasi, Kamis (20/02.2020), plank IMB yang dimaksud tidak ada. Bahkan warga dan pekerja bangunan disana mengaku tidak pernah melihat plank IMB di sekitar bangunan bentuk rumah toko (ruko) yang sedang mereka kerjakan.

HUT NAGAN RAYA

Pria bermarga Pasaribu itu kepada Posmetro Medan mengaku tidak tahu menahu soal izin bangunan itu.

“Aku tidak tau menau tentang perizinan bang. Aku disini hanya sebatas pekerja. Tapi setahuku pemilik bangunan ini orang Sibolangit nya,” jelasnya.

Atas temuan diatas, Posmetro Medan coba meminta keterangan Ricardo selaku Kepala Seksi (Kasi) Trantib Kecamatan Lubuk Pakam.

“Masalah IMB bangunan tersebut saya kurang tau. Tapi masalah rekomendasi sudah dikeluarkan pihak kantor kecamatan dan masa berlaku rekomnya tinggal 1 bulan lagi,” katanya melalui sambungan telepon.

Sementara itu pemborong, Wando, warga Karang Anyer, Kecamatan Lubuk Pakam, di lokasi bangunan mengatakan, pemilik bangunan bernama Riadi Tarigan. “Yang mengurus IMB nya setahuku bernama Ririn warga Medan,” jelasnya kepada Posmetro Medan.

Terpisah, menyikapi bangunan yang sudah berdiri tapi belum memiliki IMB, Rudi Sinaga selaku kordinator Lembaga Swadaya Masyarakat LPPAS-RI mengatakan, IMB wajib dimiliki swbwlum bangunan berdiri.

“Setiap bangunan yang ada di Kabupaten Deli Serdang harus memiliki ijin agar pembangunan  dapat berjalan baik.  Apabila ada bangunan berdiri tidak memiliki ijin, maka tugas dari Satpol Pol PP selaku penegak Perda memberikan sanksi peringatan sampai dengan sanksi tegas kepada pemilik bangunan . (drt)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro