Jajaran Polres Tanah Karo di Tes Urine, 4 Personil Terindikasi Narkoba Akan Dibina dan Diarak

oleh -152 views

KARO – Sejak pagi puluhan anggota kepolisian yang bertugas di Polres Tanah Karo sudah berkumpul untuk mengikuti apel. Seusai apel, secara mendadak menginstruksikan kepada seluruh personil untuk melakukan tes urine.

Seluruh personil dari Satres Narkoba, Satreskrim, Propam, Polwan, Dokes, Intelijen, Lantas, baik yang sedang bertugas maupun yang sedang lepas tugas, diarahkan untuk berkumpul di aula Polres Tanah Karo, Senin (13/01/2020) pagi.

Satu persatu personil secara bergiliran memberikan urinenya yang kemudian langsung dicek oleh petugas dari Dokes dengan menggunakan alat pendeteksi urine. Hasilnya sebanyak 4 personil terindikasi positif menggunakan amphetamine.

Menurut Wakapolres Tanah Karo, Kompol Hasian Panggabean, mengatakan kalau tes urine ini dilakukan mendadak untuk mengetahui personil yang menggunakan narkoba.

“Tes urine kita lakukan berdasarkan instruksi dari Kapoldasu, dan juga untuk melihat siapa-siapa saja anggota kita yang memakai dan pengguna, masuk dalam penyalahgunaan narkoba,” jelasnya.

Lanjutnya kalau dalam pemeriksaan urine tersebut, sebanyak 4 personil yang hasil tes urinenya terindikasi positif mengandung zat amphetamine. Dan menurutnya personil tersebut memang sedang dalam tahap pembinaan.

“Hasilnya ada 4 anggota yang urinenya positif terkontaminasi narkoba, dan ini semua memang awalnya dalam tahap pembinaan. Memang susah orang ini untuk kita arahkan dan kita tindak, dan sebelumnya juga sudah kita lakukan sidang disiplin dan pembinaan,” kesalnya.

div class="__mango" data-placement="1219"

Saat ditanyai tindakan selanjutnya kepada personil yang terindikasi terlibat narkoba ini, dirinya mengatakan kalau akan tetap terus melakukan pembinaan dan sidang disiplin. Dan untuk membuat efek jera, personil yang terindikasi akan diarak keliling lapangan Polres Tanah Karo dengan memakai pakaian khusus agar dilihat oleh personil yang lain.

“Ini tetap akan kita lakukan pemantauan pembinaan sampai tindakan sidang disiplin, dan secara periodik melakukan tes urine untuk memantau perkembangannya. Dan ini akan kita arak juga keliling mako, memakai pakaian khusus. Keliling sambil teriak “jangan seperti saya” biar menjadi efek jera dan malu sekaligus contoh buat personil yang lain agar tidak terlibat dalam narkoba,” ungkapnya.

Hasil tes urine milik Kapolres Tanah Karo, Wakapolres, serta pejabat tinggi di jajaran Polres Tanah Karo negatit terindikasi narkoba. Dan rencananya kegiatan tes urine mendadak ini akan tetap dilakukan secara periodik guna memantau personil agar terhindar dari narkoba. (ris/tob)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro