Pemko Medan Gelar FGD PKBMD

oleh -7.115 views

Medan-Pemko Medan melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang Penggolongan dan Kodefikasi Barang Milik Daerah (PKBMD) di lingkungan Pemko Medan, yang digelar di Le Polonia Hotel, Jalan Sudirman Medan, Selasa (27/8). Tujuan FGD ini diadakan untuk memberikan informasi dan pemahaman terkait, bagi pejabat penatausahaan pengguna barang, pengurus barang pengguna dan pengurus barang pengguna pembantu tentang PKBMD yang sesuai dengan Permendagri Nomor 108 Tahun 2016.

Sebanyak 37 peserta ikut dalam FGD yang dibuka Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kepala BPKAD Kota Medan Ahmad Sofyan. Nantinya para peserta akan mengikuti FGD selama 2 hari mulai tanggal (27/8) sampai (28/8). Sejumlah pemateri akan dihadirkan untuk memberi informasi, pemahaman serta berdiskusi dengan para peserta. Dengan harapan pejabat terkait dapat mengelola BMD sehingga terhindar dari kesalahan dalam melakukan penggolangan dan kodefikasi.

Wali Kota dalam sambutannya tertulisnya yang dibacakan Kepala BPKAD mengatakan, FGD digelar guna memberi pemahaman bagi sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Medan agar memahami aturan sekaligus dapat melakukan penggolongan dan kodefikasi BMD secara optimal dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kota Medan sebagai ibukota Provinsi Sumatera Utara memiliki banyak sekali aset barang milik daerah. Dengan jumlah yang banyak tersebut. Oleh karenanya seluruh BMD tersebut haruslah digolongkan dan dikodefikasi dengan tepat sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal,” kata Kaban BPKAD.

Oleh karenanya, agar PKBMD berjalan efektif, Kepala BPKAD berharap adanya kreativitas program terpadu antara organisasi perangkat daerah (OPD) dengan tujuan percepatan potensi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Medan. “Semua BMD yang dimiliki harus kita kelola dan manfaatkan serta gunakan dengan sebaik-baiknya,” pesannya.

Para peserta yang yang berasal dari OPD di lingkungan Pemko Medan tersebut akan mengikuti FGD selama 2 hari. Nantinya sejumlah materi terkait penggolongan dan kodefikasi BMD akan disampaikan dan didiskusikan bersama sejumlah narasumber yang dihadirkan diantaranya Febrian Arham selaku Kasi BMD, Anthur Pasaribu sebagai konsultan dan Dony Sanjaya sebagai tenaga ahli aplikasi. (ali)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro