Jalan HM Yamin Amblas

  • Bagikan

Medan – Warga yang melintas di Jalan HM Yamin Harahap dekat masjid 45 diminta berhati-hati. Pasalnya, kondisi jalan di sana amblas.

Pantauan di lapangan, Kamis (4/7) lobang tersebut diperkirakan memiliki diameter 1,5 meter dan kedalaman hingga 5 meter.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU Medan, Mukhyar mengungkapkan bahwa jalan yang longsor di Jalan HM Yamin karena pipa limbah milik PDAM Tirtanadi Sumut yang rusak.

“Pipa limbah pecah, rusak, makanya jalannya jadi berlubang seperti itu,” ujarnya ketika dikonfirmasi.

Mukhyar mengatakan perbaikan jalan rusak itu tidak dapat dilakukan oleh Dinas PU Medan secara keseluruhan.

“Tirtnadi dulu yang timbun dan perbaiki pipanya. Setelah itu, baru jalan yang rusak kami perbaiki,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Air Limbah Fauzan Nasution minta maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan sehubungan dengan adanya jalan amblas di Jalan HM. Yamin simpang lampu rambu lalu lintas.

Selain itu, Fauzan juga sempat menceritakan kronologis amblasnya jalan itu. Dikatakannya, dibawah jalan yang amblas itu terdapat riol saluran air limbah yang dikelola PDAM Tirtanadi sejak tahun 1992.

“Pada hari Rabu (3/7) lalu melintas truk pengangkut pasir yang diduga melebihi Tonase dan berhenti dilokasi jalan yang amblas karena lampu merah. Beban berat muatan Truk diduga memicu amblasnya jalan tersebut yang mengakibatkan riol air limbah dibawahnya ikut pecah,” ungkap Fauzan.

Untuk keselamatan para pengendara yang ada dijalanan tersebut, PDAM Tirtanadi dengan sigap memasang rambu peringatan tanda bahawa disekitaran lubang dan segera melakukan perbaikan yang akan dilakukan perbaikan malam ini.

“PDAM Tirtanadi mengambil langkah cepat dengan memasang rambu peringatan tanda bahaya. Pengerjaan sengaja dilakukan malam hari untuk menghindari terganggunya pengguna jalan. Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan terhadap kejadian ini. Semoga perbaikan secepatnya dapat selesai dan kondisi jalan normal kembali,” pungkasnya. (ali)

  • Bagikan