Dua Desa Disapu Lahar Dingin, Pipa Pemasok Air Bersih Rusak

  • Bagikan

KARO – Dua desa di Kabupaten Karo, terendam lumpur akibat banjir lahar dingin di bawah lereng Gunung Sinabung, Rabu (10/7/2019). Banjir tersebut terjadi lantaran hujan deras yang terjadi pada Rabu malam.

 Dua desa tersebut adalah Desa Kuta Mbaru dan Desa Perbaji, Kecamatan Tiganderket, yang menyebabkan beberapa rumah dan satu Puskesmas terendam lumpur.

 Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Natanail Perangin-angin menjelaskan, Rabu malam sekira pukul 19.00-20.00 WIB banjir di aliran Sungai Lalu Barus yang mengakibatkan beberapa desa yang berada di dekat aliran sungai itu terendam lumpur.

 “Desa Kuta Mbaru itu yang paling parah kena dampaknya lima rumah dan satu Puskesmas terkena dampaknya,” ujarnya, Kamis (11/7/2019).

BACA..  Prediksi Pertandingan Parma vs Crotone - 25 April 2021

 Dia memastikan tidak ada korban jiwa peristiwa ini. “Pas banjir lahar dingin tersebut, warga langsung keluar rumah dan mengungsi untuk sementara,” jelasnya.

 Namun, selain kerugian material, banjir tersebut memutuskan akses jalan menuju Desa Perbaji, Desa Kuta Mbaru dan jalan utama ke Kecamatan Tiganderket menuju Kutambuluh.

 Sementara jalan untuk menuju masing masing Desa dilakukan melalui jalur lain atau jalur alternatif.

 “Kemudian setelah selesai hujan warga dan petugas gabungan melakukan gotong royong. Setelah ditangani pukul 00.15 WIB sudah bisa dilalui kembali. Namun, harus berhati-hati,” terang Natanail.

 Natanail juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada. “Masyarakat juga diimbau untuk menjauhi seluruh akses yang masuk dalam zona merah Gunung Sinabung dengan radius 7 kilometer,” pungkasnya.

BACA..  Prediksi Pertandingan Parma vs Crotone - 25 April 2021

 Pantauan POSMETRO MEDAN, Ir Paten Purba (Kadis PUPR) bersama Ir Martin Sitepu (KALAK BPBD), Sukur Sembiring (Camat Tiga Nderket) didampingi AKP Satria Sembiring (Kapolsek Tiganderket) dan beberapa Aparat TNI dari Koramil Payung langsung menyisir area terdampak aliran lahar dingin, serta memantau proses pembersihan material lumpur yang menutupi beberapa rumah warga dengan mengerahkan 1 unit alat berat dan 1 unit kenderaan Damkar milik Pemkab Karo.

 “Akibat luapan lahar dingin sinabung jalur lalu lintas Kabanjahe – Kuta Buluh lumpuh sekitar 4 jam dan memaksa pengedaran melewati jalur alternatif dari Desa Batu Karang tembus Desa Jandimeriah, satu unit alat berat diturunkan membersihkan material yang menutupi sabo dam. Tak hanya itu, 1 unit bangunan Puskesmas dan 5 unit rumah warga yang ada di Desa Kuta Mbaru tak luput tertimbun material lumpur setinggi lebih kurang 1 meter, total kerugian diperkirakan mencapai Rp 500.000,” beber Sukur Sembiring, Camat Tiganderket kepada POSMETRO MEDAN saat dijumpai di ruang kerjanya, Kamis (11/7/2019).

BACA..  Prediksi Pertandingan Parma vs Crotone - 25 April 2021

 Luapan lahar dingin sinabung juga merusak puluhan meter pipa saluran air bersih yang biasa menyuplai kebutuhan pasokan air ke Desa Tiga Nderket.

 “Berkisar 10 batang pipa air bersih panjang 5 meter/batang turut hanyut terbawa aliran lahar, sehingga sementara pasokan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga warga desa kami terputus sementara, dibutuhkan waktu dua minggu untuk membenahi pipa yang rusak dan hanyut terseret lahar,” ungkap Arie Kemil Sembiring, Kades Tiganderket. (ris/nic/ras)

  • Bagikan