Bupati dan Wakil Bupati Langkat Tinjau Ujian Balon Kades 2019-2025

  • Bagikan

STABAT – Bupati Terbit Rencana PA didampingi Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin meninjau ujian seleksi Bakal Calon (Balon) Kepala Desa se Langkat priode 2019-2025, di Gedung PKK Stabat, Jumat (12/7).

 Sebanyak 319 Balon Kades dari 76 Desa di 23 Kecamatan se Langkat, mengikuti seleksi yang diselenggarakan Pemkab, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU).

 Bupati pada kesempatan tersebut, berharap dengan diselenggarakannya seleksi ini, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Langkat pada 22 Agustus 2019 mendatang, akan melahirkan Kades–Kades yang bermutu dan berintergritas.

 “Sehingga masyarakat desa dan pembangun yang ada di desa–desa, akan semakin maju, makmur dan sejahtera,” ujarnya.

 Selain itu, Bupati juga berharap, para Balon Kades dapat mengikuti seleksi ini dengan jujur dan sunguh-sungguh, agar dapat meraih nilai yang diharapkan. Bupati juga berharap, seleksi ini dapat berjalan lancar, kondusif dan tertib.

 “Semoga semuanya dapat berjalan yang seperti diharapkan, nantinya bagi yang mendapat hasil paling baik agar jangan berbangga diri, sebaliknya bagi yang belum lulus jangan berkecil hati. Sebab tujuan seleksi ini bukan untuk menjatuhkan pihak manapun, melainkan untuk mencari dan melahirkan pemimpin yang dapat memajukan Desanya,” pungkasnya.

 Sementara, Plt.Kadis PMD Langkat, Musti Sitepu, mengatakan, pelaksanaan seleksi tersebut terdiri dari ujian tulis, fisikotes dan wawancara, yang dilaksanakan selama dua hari, dimulai dari 12 sampai 13 Juli 2019.

 “Di ujian ini, istri Balon Kades juga diikutsertakan untuk mengikuti ujian, yang dijadwalkan pada 13 Juli 2019 besok,” sebutnya.

 Sesuai aturan, sambung Musti, calon Kades yang akan mengikuti Pilkades nanti, maksimal 5 calon dan minimal 2 calon. Untuk Desa yang yang memiliki lebih dari 5 calon, harus ada yang gugur.

 “Untuk itu, cara memilih Balon terbaiknya ya di ujian ini, karena diujian inilah penentunya, maka nantinya akan ada Balon yang gugur,” terangnya.

 Hari ini, kata Musti, dari 319 Balon hanya 100 orang yang mengikuti ujian, sedangkan sisanya besok di hari Sabtu. Untuk para penguji dari pihak akademik dan konsultan Sumut, jumlahnya ada 10 dosen penguji, yang diketuai Satria Tirtayasa PhD.

 Sedangkan ketua tim penguji pisikotes Dra.Khairtati Purnama  Nasution, S.Psi,M.Psi. Untuk ketua tim tes kemampuan umum Perys L. Khodri Nasutoin,SE,MSi,CHt.

 “Selain itu kita juga menghadirkan narasumber pada seleksi ini, dari Pemkab Langkat yaitu Asisten I Tata Pemerintahan Abdul Karim,” sebutnya.(yan/tob)

  • Bagikan