Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK RI Langkat Kembali Terima WDP

oleh -5.663 views

MEDAN- Bupati Langkat Terbit Rencana PA menghadiri acara penyerahan laporan hasil pemantauan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sebagai tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan per 19 juni 2019. Langkat berhasil mempertahankan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Penyerahan laporan tersebut Pemkab Langkat menerima predikat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), diterima oleh Bupati Langkat dari kepala BPK perwakilan RI Provsu Ambar Wahyuni di kantor BPK RI Perwakilan Sumut, Medan, Rabu (26/6/).

Opini atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018 untuk 34 Pemda se Provsu, terdapat 17 Pemda mendapatkan opini WTP dan WDP ada 13 Pemda sedangkan TMP 3 Pemda. Namun belum termasuk Pemkab Nias Selatan sebab masih dalam proses.

Ambar Wahyuni, pada arahannya menjelaskan bahwa pihaknya saat ini telah membentuk Tim Delapan, fungsinya untuk membantu Pemda dalam mengidentifikasi permasalahan yang krusial dalam penyimpanan administrasi laporan.

Tujuannya, agar permasalahan yang dihadapi cepat terselesaikan dan laporannya dapat diserahkan tepat waktu.

“Hal ini adalah bentuk kepedulian kami, agar Pemda yang masih menerima opini WDP bisa meningkat menjadi opini WTP. Sedangkan yang sudah mendapatkan opini WTP bisa terus mempertahankan,” ujarnya.

Selanjutnya, Ambar, mohon kepada 34 Kepala Daerah se Sumut, untuk dapat memantau kinerja Sekda dan Kepala OPD nya, dalam menyiapkan Action Plan (laporan bulanan). Agar Sekda melalui Inspektur dapat mengirimkan Action Plannya setiap bulan kepada BPK RI.

“Sebab Action Plan akan membantu menyiapkan laporan keuangan, selain itu agar laporan keuangan Pemda dapat meraih opini WTP. Saya sangat berharap, ditahun depan 34 Pemda se Sumut dapat meraih predikat opini WTP semuanya,” ujarnya.

Ambar juga menekankan, agar kepala daerah segera menetapkan dengan SK, hasil laporan rekomendasi dari BPK RI, baik itu tetang kelebihan pembayaran maupun potensi kerugian dari penggunaan anggaran APBD.
Bupati Langkat disela acara tersebut menyampaikan akan berusaha semaksimal mungkin, agar Pemkab Langkat di tahun depan dapat menerima WTP.

“Saya akan mengawal langsung setiap laporan yang akan diserahkan kepada BPK RI,” pungkasnya.

Bupati juga berjanji, akan menindak lanjuti permasalahan yang mempengaruhi opini, sehingga opini TA 2019 dapat meningkatkan lebih baik. (yan/bdh/pm)

example banner

This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro