Jalan Nasional di Desa Pondok Bulu Tertutup Longsor

oleh -549 views
Camat Dolok Panribuan Rosendi Sinaga dan aparat kepolisian setempat turun langsung membersihkan timbunan longsor yang menutupi jalan nasional menuju kawasan pantai barat Sumatera Utara di Desa Pondok Bulu,Senin (5/11).( davis suhendra/ist)

SIMALUNGUN | MU- Ruas jalan nasional di Desa Pondok Bulu Kecamatan Dolok Panribuan Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara, lumpuh total
akibat tertutup tanah longsor sejak Senin (5/11/2018).

Camat Dolok Panribuan, Rosendi Sinaga, kepada wartawan mengatakan, ruas jalan tertutupi tanah longsor dari perbukitan di sisi kiri jalan yang menghubungkan Kabupaten Simalungun menuju kawasan Tapanuli atau pantai barat Sumatera Utara.

“Jalan menuju Tapanuli dari Kabupaten Simalungun dan sebaliknya sempat tak bisa dilintasi karena tertimbun longsor sekitar pukul 07.00 WIB,” ujar Rosendi.

Namun pihaknya segera meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pemkab Simalungun, menurunkan alat berat membersihkan tanah longsor yang menutupi jalan.

“Sekitar 3 jam setelah alat berat dikerahkan membersihkan tanah longsor, arus lalulintas kembali normal,” sebut Rosendi.

Menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam longsor di Desa Pondok Bulu. Begitu pun pihaknya mengimbau pengguna jalan untuk ekstra hati-hati saat melintas karena jalan di kawasan itu memang rawan longsor saat musim hujan.

Salahseorang pengguna jalan, Efendi Damanik, mengapresasi penanganan longsor. Penanganan yang cepat berhasil mengatasi kemacetan arus lalu lintas yang sempah terjadi.

“Saya sempat antri selama 2 jam, menuju Kota Siantar. Namun syukur, saya lihat tadi Camat dan Kapolsek turun langsung bersama masyarakat membantu mengatasinya. Timbunan tanah yang menutupi jalan cepat dibersihkan dan arus lalulintas tidak lama terganggu,” kata Efendi. (davis suhendra)