Ketika Hefriansyah Merubah Lokasi Pembangunan Tugu Sang Raja

oleh -504 views

Catatan : Putra Marpaung

Cita-cita luhur Almarhum Hulman Sitorus mendirikan tugu Raja Sangnaualuh, agaknya mulai dirasuki pengkhianatan. Siapa yang berkhianat dan siapa yang dikhianati?

Sepekan belakangan, publik Siantar khususnya etnis Simalungun, dikejutkan dengan rencana pembangunan tugu Raja Siantar yang tertunda sejak beberapa tahun lamanya. Bukan soal kucuran anggaran biaya, bukan pula soal ornamen yang akan menghiasi tugu nantinya. Lebih sederhana namun penuh makna, keterkejutan publik ditakar soal berpindahnya lokasi pendirian tugu itu sendiri. Dari rencana awal di Jalan Sangnaualuh samping Taman Makan Pahlawan Kota Siantar, bergeser jauh ke seputaran Lapangan Merdeka Kota Siantar, nyaris berdampingan dengan Balai Kota.

Legalisasi berpindahnya lokasi pembangunan tugu Raja Sangnaualuh, tentu di tangan Wali Kota Siantar Hefriansyah Noor. Sadar tidak sadar, mau tidak mau, perpindahan lokasi pembangunan tugu bakal menuai beragam pertanyaan publik; Mengapa Wali  Kota rela memindahkan lokasi pembangunan tugu? Apakah lokasi yang baru nantinya telah memenuhi standart histori peradaban sejarah kejayaan Sang Raja di masanya?