Management PTPN 4 Tega ‘Hisap Darah’ Buruh Karena….

oleh -1.244 views

SIMALUNGUN-GN

Ratusan buruh kontrak PTPN 4 tak gajian berbulan-bulan. Anehnya, pihak management berkilah dengan alasan tak masuk di akal.

Sabtu (15/07/2017) pagi, Sekretaris DPC Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI), Fransiskus Silalahi, mengungkap kekecewaan atas keterlambatan pembayaran gaji para buruh kontrak tersebut. Fransiskus dengan tegas memastikan, SBSI tidak akan membiarkan masalah ini berlarut-larut. “Alasan apa pun tidak bisa kami diamkan. Kami akan advokasi para buruh untuk menuntut hak mereka,” tegas Fransiskus sekaligus akan menemui para buruh untuk konsolidasi.

Disinggung mengenai adanya pihak ketiga (vendor PTPN 4) dalam menyediakan tenaga kerja, pria yang dikenal vokal dalam urusan buruh ini menuturkan, sistem outsourching memang masih diaminkan oleh sistem perundangan di Indonesia. Oleh sebab itu, pihaknya masih akan melakukan penyelidikan dan kajian terkait persoalan buruh di lingkungan PTPN 4 Kebun Toba Sari Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun itu. “Memang masih lemahnya sistem di negara kita ini membuat para buruh tertindas. Tapi apapun itu, jika memang ada pengangkangan hak para buruh, maka kita siap pasang badan untuk melawan,” ujarnya.